Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi - sistem ekskresi bisa alami masalah lantaran ada kelainan serta penyakit. Kelainan serta penyakit tersebut di antaranya berlangsung pada ginjal , paru - paru , kulit , hati.


Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi


Kelainan Pada Hati

  • Hepatitis, adalah peradangan pada beberapa sel hati. Peradangan ini dikarenakan oleh virus, terlebih virus hepatitis A, B, C, D, serta E. Biasanya pasien hepatitis A serta E bisa sembuh, demikian sebaliknya hepatitis B serta C bisa jadi kritis. Disamping itu hepatitis D cuma bisa menyerang pasien yang sudah terinfeksi virus hepatitis B hingga keadaan ini bisa jadi parah kondisi pasien.
  • Sirosis hati, adalah masalah hati yang dikarenakan oleh banyak jaringan ikat pada hati. Sirosis hati ini bisa berlangsung lantaran virus hepatitis B serta C yang berkepanjangan. Mengembangnya virus ini bisa dipicu oleh mengkonsumsi alkohol yang terlalu berlebih, salah gizi, atau penyakit lain yang dikarenakan oleh terhalangnya saluran empedu. Penyakit ini belum bisa sembuh. Disamping itu penyembuhan yang dikerjakan cuma bermanfaat menyembuhkan komplikasi yang berlangsung seperti berak darah, perut jadi membesar, mata kuning, dan koma hepatikum.
  • Kanker hati, adalah kelainan hati yang dikarenakan oleh mengembangnya beberapa sel kanker pada jaringan hati. Kanker ini sebagai komplikasi akhir dari hepatitis kritis lantaran virus hepatitis B, C, serta hemokromatis.
  • Perlemakan hati, adalah kelainan hati akibat ada penumpukan lemak yang melebihi 5% dari berat hati, hingga lemak ini membebani kian lebih separuh jaringan hati. Perlemakan hati kerap punya potensi jadi penyebabnya sirosis hati. Kelainan ini bisa dipicu oleh mengkonsumsi alkohol yang berlebihan.
  • Kolestasis serta Jaundice, adalah kondisi akibat terjadinya kegagalan hati dalam menghasilkan serta atau pengeluaran empedu. Kolestasis bisa mengakibatkan tidak berhasilnya penyerapan lemak serta vitamin A, D, E, serta K oleh usus, dapat juga mengakibatkan terjadinya penimbunan asam empedu, bilirubin serta cholesterol di hati.
  • Hemokromatosis, adalah kelainan metabolisme yang ditandai karenanya ada ingindapan besi terlalu berlebih dalam jaringan. Penyakit ini berbentuk genetik atau keturunan.

kelainan pada ginjal 

  • Batu ginjal bisa terbentuk lantaran endapan garam kalsium didalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Batu ginjal berupa kristal yg tidak dapat larut serta memiliki kandungan kalsium oksalat, asam urat, serta kristal kalsium fosfat. Penyakit ini bisa diatasi dengan pembedahan serta cahaya laser. 
  • Nefritis yaitu rusaknya sisi glomerulus yang dikarenakan ada bakteri Streptococcus sp. Rusaknya nefron menyebabkan urine masuk kembali kedalam darah serta penyerapan air jadi terganggu hingga muncul pembengkakan di daerah kaki. Pengobatan dapat dikerjakan dengan cangkokan ginjal atau bersihkan darah dengan cara teratur. 
  • Ditandai karenanya ada molekul albumin serta protein dalam urine karena rusaknya glomerolus sebagai alat filtrasi pada ginjal 
  • gagal ginjal berlangsung bila satu diantara ginjal tak berperan. Kegagalan satu diantara ginjal ini bakal di ambil alih tugasnya oleh ginjal lain. Tetapi, kondisi ini akan 
  • tetaplah menyebabkan kemungkinan begitu tinggi. Lantaran mengakibatkan penumpukan urea pada badan serta kematian.

kelainan pada paru - paru 
  • Asma, yakni kelainan yang dikarenakan oleh penyumbatan saluran pernapasan yang salah satunya dikarenakan oleh alergi pada rambut, bulu, debu atau desakan psikologis.
  • Kanker Paru-Paru, yakni masalah paru-paru yang dikarenakan oleh rutinitas merokok. Penyebabnya lain yaitu sangat banyak hirup debu asbes, kromium, product petroleum serta radiasi ionisasi. Kelainan ini memengaruhi pertukaran gas di paru-paru.
  • Emphysema, yaitu penyakit pembengkakan paru-paru lantaran pembuluh darahnya terisi hawa.

kelainan pada kulit

  • Jerawat adalah masalah pada kelenjar minyak yang biasanya dihadapi oleh anak remaja. 
  • Scabies atau kudis adalah penyakit kulit lantaran tungau (Sarcoptes scabies). 
  • Eksim atau alergi adalah penyakit kulit lantaran infeksi atau iritasi bahan luar yang termakan atau menyentuh kulit. 
  • Gangren yaitu kelainan pada kulit yang dikarenakan oleh matinya beberapa sel jaringan badan. Ini dikarenakan oleh supply darah yang jelek dibagian spesifik satu diantaranya akibat penekanan pada pembuluh darah spesifik (seperti balutan yang sangat ketat).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi