Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Komponen Ekosistem

Komponen Ekosistem - Ekosistem dapat disimpulkan sebagai jalinan timbal balik pada makhluk hidup dengan lingkungannya. Diluar itu ekosistem juga sebagai tingkatan organisasi kehidupan yang meliputi organisme dan lingkungan tidak hidup, di mana ke-2 komponen itu sama-sama memengaruhi serta berhubungan keduanya.

 Komponen Ekosistem


Komponen penyusun ekosistem terdiri atas dua jenis, yaitu
  1. Komponen biotik yaitu komponen yang terdiri atas makhluk hidup, sedangkan 
  2. Komponen abiotik yaitu komponen yang terdiri atas benda mati. 
Semua komponen biotik dalam satu ekosistem sama-sama membuat komunitas. Dengan hal tersebut, ekosistem bisa disimpulkan sebagai kesatuan pada komunitas dengan lingkungan abiotiknya.

Komponen Biotik.
Komponen biotik mencakup semuanya makhluk hidup atau organisme baik yang memiliki ukuran mikroskopis dan makroskopis. Berdasar pada langkahnya peroleh makanan didalam ekosistem, organisme anggota komponen biotik bisa dibedakan jadi empat, yakni :

1. Produsen iyalah organisme yang dapat membuahkan zat makanan sendiri lewat fotosintesis. Yang termasuk juga dalam golongan ini yaitu tumbuhan hijau ataupun tumbuhan yang memiliki klorofil. Produsen ini lalu digunakan oleh organisme-organisme yang tidak bisa dapat membuahkan makanan yang bertindak sebagai konsumen.

2. Konsumen yang bermakna pengguna, yakni organisme yang tidak bisa membuahkan zat makanan sendiri namun bisa memakai zat makanan yang di buat oleh organisme lain.
dengan cara segera mengambil zat makanan dari tumbuhan hijau yaitu herbivora. Oleh karenanya, herbivora bisa dimaksud konsumen tingkat pertama. Karnivora yang memperoleh makanan dengan memangsa herbivora dimaksud dengan konsumen tingkat ke-2. Karnivora yang memangsa konsumen tingkat ke-2 dimaksud konsumen tingkat ketiga sampai selanjutnya.

3. Dekomposer atau pengurai yaitu jasad renik yang bertindak dengan menguraikan bahan organik yang datang dari organisme yang sudah mati ataupun hasil pembuangan bekas pencernaan. Karenanya ada organisme pengurai, organisme bakal terurai dan meresap kedalam tanah jadi unsur hara yang lalu bakal diserap oleh tumbuhan (produsen). Diluar itu kesibukan pengurai akan membuahkan gas karbon dioksida yang bakal digunakan dalam sistem fotositesis.

4. Penghancur atau detritivor Iyalah grup mahkluk hidup yang menghancurkan beberapa bahan organik dari beberapa bekas badan mahkluk hidup yang sudah mati dan jadi hancuran-hancuran. Contoh grup ini diantaranya : rayap, semut, kelabang.

Komponen Abiotik 
Komponen Abiotik iyalah komponen tidak hidup dalam satu ekosistem. Komponen abiotik begitu memastikan dari type makhluk hidup serta yang menghuni satu lingkungan. Komponen abiotik sangat banyak ragamnya, diantaranya iyalah : tanah, air, hawa, suhu, dan sebagainya :

1. Suhu begitu punya pengaruh pada ekosistem karena suhu adalah prasyarat yang dibutuhkan organisme supaya tetaplah hidup dan ada beberapa jenis organisme yang cuma bisa hidup pada kisaran suhu spesifik.

2. Cahaya matahari memengaruhi ekosistem dengan cara Universal karena matahari memastikan suhu. Cahaya matahari juga adalah unsur Paling utama yang diperlukan oleh tumbuhan sebagai produsen untuk berfotosintesis. 

3. Air juga punya pengaruh pada ekosistem lantaran air begitu diperlukan untuk keberlangsungan hidup organisme. air dibutuhkan sebagai air minum serta fasilitas hidup lain, umpamanya tempat hidup untuk ikan. Untuk unsur abiotik lain, umpamanya tanah serta batuan, air dibutuhkan sebagai pelarut dan pelapuk. 

4. Tanah adalah tempat hidup untuk organisme. Type tanah yang tidak sama bakal mengakibatkan organisme yang hidup didalamnya juga tidak sama.

5. Angin tidak hanya bertindak dalam memastikan kelembaban juga begitu bertindak dalam penyebaran biji tumbuhan spesifik.

6. Garis lintang yang tidak sama bakal tunjukkan keadaan lingkungan yang tidak sama juga. Garis lintang otomatis mengakibatkan ketidaksamaan distribusi pada organisme di permukaan bumi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komponen Ekosistem