Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Hubungan Antar Kompenen Ekosistem

 Hubungan Antar Kompenen Ekosistem -  Dalam satu ekosistem antar komponen yang ikut serta sama-sama berhubungan atau terkait timbale balik. Bila satu diantara komponen terganggu, jadi pada umumnya bakal mengganggu aktivitas dalam ekosistem itu.

1. Hubungan pada komponen biotik serta komponen abiotik
Kehadiran komponen abiotik dalam ekosistem begitu memengaruhi komponen biotik. Contoh : tumbuhan bisa hidup baik jika lingkungan memberi unsur-unsur yang diperlukan tumbuhan itu, misalnya air, hawa, sinar, serta garam–garam mineral. Demikian halnya demikian sebaliknya komponen biotik begitu memengaruhi komponen abiotik yakni tumbuhan yang ada di rimba begitu memengaruhi kehadiran air, hingga mata air bisa bertahan, tanah jadi subur. Namun jika tak ada tumbuhan, air tidak bisa tertahan hingga bisa mengakibatkan tanah longsor serta jadi tandus. Komponen abiotik yg tidak bergantung dengan biotik diantaranya : style grafitasi, matahari, desakan udara.

2. Hubungan biotik dengan biotik
Dalam ekosistem ,tidak mungkin jika tidak terjadi ketergantungan , misalnya antara produsen, konsumen serta pengurai yaitu memiliki ketergantungan. Tak ada makhluk hidup yang bisa bertahan hidup tanpa ada makhluk hidup yang lain. Tiap-tiap makhluk hidup membutuhkan makhluk hidup lainnya untuk sama-sama mensupport kehidupan. Hubungan ketergantungan antar produsen, konsumendan pengurai. Berlangsung lewat momen makan serta mengonsumsi melalui peristiwa seperti berikut :

a. Rantai Makanan 
peristiwa makan memakan dalam suatu ekosistem secara berurutan.

 Hubungan Antar Kompenen Ekosistem

b. Jaring - jaring Makanan
Jaring-jaring yaitu beberapa kumpulan rantai makanan yang sama-sama berbuhungan dalam satu ekosistem. Jalinan makan serta dikonsumsi yang kompleks itu sama-sama bercabang serta terkait hingga membuat jarring-jaring makanan.

c. Piramida Makanan
Piramida makanan yaitu satu piramida yang melukiskan perbandingan komposisi jumlah biomassa serta daya dari produsen hingga konsumen puncak dalam satu ekosistem. Komposisi biomassa paling besar ada pada produsen yang tempati basic piramida. Demikian juga jumlah daya paling besar ada pada basic piramida. Komposisi biomassa serta jumlah daya makin keatas makin kecil, lantaran sistem perpindahan daya berlangsung penyusutan jumlah daya pada tiap-tiap tingkat trofi.

d. Arus Energi
Perpindahan daya dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Yakni dari cahaya matahari lantas produsen, ke customer tingkat I, ke customer tingkat II hingga pengurai. Sedang mineral membuat siklus. Daya yang dilepaskan begitu kecil lantaran tiap-tiap organisme memerlukan daya dalam penuhi kebutuhannya.

e. Siklus energi 

Hubungan Antar Kompenen Ekosistem


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hubungan Antar Kompenen Ekosistem