Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia - dapat dikarenakan oleh penyakit dan kelainan akibat beberapa segi seperti, virus ataupun bakteri. Masalah pada system reproduksi manusia bisa menyerang baik pria ataupun wanita.

Kanker Vagina
Penyakit pada system reproduksi wanita ini menyerang wanita. Kanker vagina sampai saat ini tidak di kenali pemicunya dan peluang karena oleh virus yang menyebabkan iritasi. Usaha pengobatannya dapat ditangani dengan kemoterapi dan bedah laser.

Kanker Serviks
Penyakit ini menyerang wanita. Kanker serviks yakni kanker yang berjalan pada serviks (leher rahim) yang hampir semuanya karena oleh virus HPV (Human papilloma virus). Sinyal tanda awal berupa pendarahan pada vagina yang baru terlihat saat masuk stadium lebih jauh. Kanker serviks tidak menular. Perlakuannya yakni dengan pengangkatan uterus, oviduk, ovarium, sepertiga segi atas vagina, dan kelenjar limfa panggul.

AIDS
Penyakit ini menyerang baik pria maupun wanita. AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome yakni penyakit yang menyebabkan rusaknya system imun pada manusia dengan menyerang sel darah putih. Sampai sekarang ini penyakit ini belum bisa pulih bahkan vaksinnya belum diketahui sampai sangat memiliki resiko dan mematikan. AIDS karena oleh virus HIV (Human immunodeficiency virus). Virus ini menular lewat darah dan cairan kelamin baik melalui jarum suntik, ASI, maupun melalui hubungan seksual.

Sifilis
Sifilis dikarenakan oleh semacam bakteri Treponema pallidum, bakteri ini umum ditularkan lewat kontak seksual, akan tetapi bakteri ini dapat juga ditularkan lewat jalan lain, umpamanya bayi yang dilahirkan dari ibu pasien sifilis. Penyakit ini bakal ditandai karenanya ada luka pada alat kelamin apabila tak selekasnya diobati bakteri bisa mengakibatkan kerusakan sel otak, melumpuhkan tulang atau mengakibatkan kerusakan jantung serta pembuluh darah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia