Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Satuan–satuan Ekosistem

Satuan–satuan Ekosistem - Ekosistem tersusun atas makhluk hidup serta makhluk tidak hidup. Sebagai contoh, ekosistem sawah terdiri atas hewan serta tumbuhan yang hidup berbarengan. Pada ekosistem sawah itu, ada rumput, tanaman padi, belalang, ulat, tikus, burung pemakan ulat, burung elang, serta ada banyak lagi. Dalam ekosistem, ada beberapa unit makhluk hidup. Individu, populasi, komune, biosfer yang disebut unit makhluk hidup dalam satu ekosistem, serta cahaya matahari begitu bertindak pada keberlangsungan hidup beberapa unit ekosistem itu.


Satuan–satuan Ekosistem

 

1. Individu
Sempatkah kalian lihat seekor domba atau seekor ayam atau sebatang pohon mangga? Seekor domba atau seekor ayam diberi nama individu. Demikian pula dengan sebatang pohon mangga. Individu yaitu unit makhluk hidup tunggal. Bisakah kalian mengatakan individuindividu yang lain yang ada di sekitarmu?

2. Populasi 
Populasi yaitu beberapa kumpulan individu semacam yang hidup dalam satu habitat spesifik.

3. Komunitas
Komunitas yaitu beberapa kumpulan beragam jenis populasi makhluk hidup yang hidup dalam satu lokasi spesifik. Satu komune tersusun dari semuanya populasi yang hidup serta sama-sama berhubungan pada satu dengan yang lain dalam satu lokasi serta saat spesifik , Contoh : komune ladang, komune kolam, komune sawah. 

4. Ekosistem
Ekosistem yaitu kesatuan komune serta lingkungan hidupnya yang sama-sama berhubungan serta membuat jalinan timbal balik. Oleh karenanya, ekosistem dimaksud juga system lingkungan. 

5. Biosfer
Biosfer yaitu himpunan dari semuanya ekosistem yang ada di permukaan bumi ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Satuan–satuan Ekosistem