Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Jaringan Organisasi Kehidupan

Jaringan Organisasi Kehidupan - Dalam organisme bersel satu terang cuma ada satu sel saja. Namun organisme yang bersel banyak pada badan bakal ada himpunan sel–sel. Himpunan sel–sel itu terbagi dalam beragam jenis bentuk yang memiliki manfaat yang tidak sama. Himpunan sel atau sekumpulan sel yang memiliki bentuk serta manfaat yang sama dimaksud jaringan. Macam–macam jaringan, yakni :

Jaringan Organisasi Kehidupan


a. jaringan pada tumbuhan :
  • Jaringan epidermis yakni jaringan yang melapisi permukaan badan tumbuhan, baik pada akar, batang serta daun. Jaringan ini tersusun rapat berperan untuk sebagai jaringan pelindung. 
  • Jaringan meristem yakni tersusun atas sel sel yang senantiasa membelah. Ada pada embrio di ujung akar, ujung batang serta cambium.
  • Jaringan penyokong. Adalah sel sel dinding yang alami penebalan hingga jadi keras. Contoh pada kulit biji. 
  • Jaringan parenkim. Adalah jaringan basic yang ada diantara jaringan–jaringan yang lain. Berperan sebagai tempat menaruh makanan. Jaringan perenkim pada daun mengandung kloroplas untuk fotosintesis serta dibedakan jadi dua yakni jaringan spons serta jaringan pagar.
b. Jaringan pada hewan serta manusia
  1. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan badan atau organ baik permukaan dalam ataupun permukaan luar. Bentuk jaringan ini pipih, kubus, serta silinder. 
  2. Jaringan otot adalah jaringan yang tersusun atas beberapa sel otot serta berbentuk lentur. Ada tiga (3) jenis jaringan otot, yakni : a) Otot polos ada pada dinding alat–alat dalam. b) Otot lurik ada pada rangka. c) Otot jantung ada pada dinding jantung. 
  3. Jaringan syaraf adalah jaringan yang tersusun atas sel–sel syaraf. Tiap-tiap sel syaraf terbagi dalam tubuh sel serta serabut syaraf. 
  4. Jaringan ikat adalah jaringan yang menghubungkan sisi badan dengan sisi badan yang lain. 
  5. Jaringan penyokong atau penunjang adalah jaringan yang terbagi dalam jaringan tulang riskan serta jaringan tulang. Jaringan penyokong berperan untuk berikan bentuk badan, membuat perlindungan badan serta memperkuat badan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jaringan Organisasi Kehidupan