Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Adaptasi

Adaptasi - Penyesuaian yaitu kekuatan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan hidupnya. Ada cara-cara penyesuaian diri yang bisa dikerjakan, yakni lewat cara penyesuaian bentuk organ badan, penyesuaian kerja organ badan, serta perilaku dalam menyikapi pergantian lingkungan. Dari pengertian penyesuaian itu, ada tiga jenis bentuk penyesuaian, yakni :
a. penyesuaian fisiologi
b. penyesuaian perilaku,
c. penyesuaian morfologi.


Penyesuaian morfologi, yakni penyesuaian diri pada alat-alat badannya. Contoh : burung elang memiliki kuku yang tajam untuk menerkam mangsa. Bunga teratai memiliki daun yang lebar untuk memperluas bagian penguapan.

Penyesuaian fisiologi, yakni penyesuian diri pada lingkungan dengan manfaat alat-alat badan. Contoh : Manusia memberi jumlah sel darah merah apabila ada di pegunungan. Kotoran unta kering, namun urinenya kental .

Penyesuaian perilaku, yakni penyesuaian diri pada lingkungan dengan kelakuannya. Contoh : Bunglon merubah warna badannya, ikan paus nampak ke permukan dengan cara periodik.

Penyesuaian tampak dari ada pergantian bentuk luar atau dalam satu makhluk hidup sesuai sama kondisi serta keadaan lingkungan tempat hidupnya. Pergantian ini berbentuk tetaplah serta khas untuk tiap-tiap type hingga dapat diwariskan pada keturunannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Adaptasi