Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Zat Aditif dalam Bahan Makanan

Zat Aditif dalam Bahan Makanan - Zat adiktif yaitu obat serta beberapa bahan aktif yang jika dikonsumsi oleh organisme hidup, bisa mengakibatkan ketergantungan dan serta mempunyai dampak mau memakainya terus-menerus. Bila Anda berhenti akan mengakibatkan dampak capek , nyeri yang parah . Zat yg tidak diklasifikasikan sebagai narkotika serta psikotropika, namun adiktif, diantaranya, kopi, rokok, minuman keras, dan lain-lain.

Zat Aditif dalam Bahan Makanan


beberapa zat aditif :

Zat Pemanis
Pemanis buatan umumnya dipakai untuk menolong mempertajam rasa manis. Sebagian type pemanis buatan yang dipakai yaitu sakarin, siklamat, dulsin, sorbitol serta aspartam. Pemanis buatan dapat juga kurangi resiko diabetes, tetapi siklamat adalah zat karsinogenik.

Zat Pengawet
Pengawet yaitu bahan kimia yang bisa menghalangi rusaknya makanan, lantaran bakteri serangan, ragi, jamur. Reaksi kimia yang kerap mesti dikendalikan yaitu reaksi oksidasi, pencoklatan (browning) serta reaksi enzimatik yang lain. Melestarikan makanan begitu untungkan lantaran produsen bisa menaruh keunggulan bahan makanan yang ada serta bisa dipakai lagi saat musim ramping tiba. Contoh bahan pengawet yaitu natrium benzoat, natrium nitrat, asam sitrat, serta asam sorbat.

Zat Pewarna
Warna bisa tingkatkan serta memberi daya tarik untuk makanan. Pemakaian pewarna pada bahan makanan diawali pada akhir 1800, pewarna penambahan asal alami seperti kunyit, daun pandan, beras ragi merah, daun suji, coklat, wortel, serta karamel. Pewarna sintetik diketemukan oleh William Henry Perkins th. 1856, yaitu pewarna lebih stabil serta ada dari beragam warna. 

Pewarna sintetis yang dipakai mulai sejak th. 1956 serta sekarang ini ada sekitaran 90% zat warna buatan dipakai untuk industri makanan. Satu diantara contoh yaitu Tartrazin, kalau pewarna makanan buatan yang mempunyai beberapa pilihan warna, termasuk juga Tartrazin Tartrazin CI 19140. Diluar itu ada pula pewarna buatan, seperti sunsetyellow FCF (orange), karmoisin (Red), brilian biru FCF (biru) .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Zat Aditif dalam Bahan Makanan