Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Zat Adiktif dan Psikotropika

Zat Adiktif dan Psikotropika - Beberapa bahan kimia bukan sekedar beberapa bahan kimia yang ada di rumah tangga, seperti pemutih, pembersih, serta beberapa zat aditif makanan, namun juga zatzat yang bisa menyebabkan dampak negatif atau resikonya untuk kesehatan bila penggunaannya disalahgunakan. Bahan kimia disebut disini yaitu grup zat kimia yang termasuk kedalam zat adiktif serta psikotropika.

Zat Adiktif dan Psikotropika


Zat adiktif yaitu obat serta beberapa bahan aktif yang jika dikonsumsi oleh organisme hidup, bisa mengakibatkan ketergantungan dan serta mempunyai dampak mau memakainya terus-menerus. Bila Anda berhenti akan mengakibatkan dampak capek , nyeri yang parah . Zat yg tidak diklasifikasikan sebagai narkotika serta psikotropika, namun adiktif, diantaranya, kopi, rokok, minuman keras, dan lain-lain.

Kelompok I, narkotika cuma dipakai untuk maksud ilmu dan pengetahuan serta tak dipakai dalam therapy dan mempunyai potensi begitu tinggi untuk menyebabkan sindrom ketergantungan.

Kelompok II, narkotika untuk penyembuhan yang dipakai sebagai pilihan paling akhir serta bisa dipakai dalam therapy atau untuk maksud ilmu dan pengetahuan dan mempunyai potensi kuat untuk menyebabkan sindrom ketergantungan. 

Kelompok III, narkotika untuk penyembuhan serta banyak dipakai dalam therapy atau untuk maksud ilmu dan pengetahuan dan punya potensi enteng menyebabkan sindrom ketergantungan.

Psikotropika yaitu zat atau obat, baik alamiah ataupun sintetik, bukanlah narkotika serta bermanfaat psikoaktif lewat dampak selektif pada susunan syaraf pusat yang mengakibatkan pergantian khas pada kesibukan mental serta tingkah laku. 

Zat adiktif nyaris semua termasuk juga kedalam psikotropika, namun tak semuanya psikotropika menyebabkan ketergantungan. Di bawah ini termasuk juga kedalam kelompok psikotropika, yakni LSD (Lysergic Acid Diethylamide) serta amfetamin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Zat Adiktif dan Psikotropika