Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Struktur Tumbuhan

Struktur Tumbuhan  - beberapa kumpulan sel yang sama yang nantinya membuat jaringan beserta organ .organ tersebut akan membuat satu tumbuhan yg nantinya bisa mengerjakan aktivitasnya.

Struktur Tumbuhan


Jaringan pada Tumbuhan,
ada beberapa jaringan pada tumbuhan, salah satunya jaringan meristem, jaringan pelindung, jaringan pengangkut, jaringan penyokong, serta jaringan dasar.

a. Jaringan meristem 
Jaringan meristem yaitu jaringan pada tumbuhan yang senantiasa melakukan pemembelahan diri dengan cara terus-terusan.

b. Jaringan Pelindung
Jaringan pelindung dimaksud juga epidermis yang berperan membuat perlindungan permukaan tumbuhan. Penyusun dari epidermis yaitu beberapa sel yang rapat menutupi semua permukaan badan tumbuhan. Jaringan epidermis bisa membuat susunan lilin antiair untuk menghindar penguapan yang terlalu berlebih. Susunan lilin ini dimaksud juga kutikula.

c. Jaringan Pengangkut
Sesuai sama namanya, jaringan ini berfiungsi untuk sistem pengangkutan beberapa zat yang ada pada tumbuhan. Jaringan ini dimaksud juga jaringan pembuluh yang terdiri atas floem serta xylem. Floem berperan untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke semua sisi badan tumbuhan. Mengenai xylem berperan untuk mengangkut air serta mineral dari akar ke daun.

d. Jaringan Penyokong
Jaringan ini berperan sebagai penguat/penyokong tumbuhan. Jaringan kolenkim serta sklerenkim adalah contoh jaringan penyokong. Jaringan ini mempunyai dinding yang tidak tipis.

e. Jaringan Dasar
Jaringan basic atau jaringan parenkim isi ruangan antar jaringan. Jaringan ini ada pada nyaris semuanya sisi tumbuhan, seperti batang, daun, serta akar. Jaringan parenkim di daun yakni mesofil (palisade serta spons) banyak terkandung kloroplas serta adalah tempat berlangsungnya fotosintesis.

Organ pada tumbuhan
Tumbuhan Tak seperti manusia yang mempunyai banyak organ, organ tumbuhan cuma empat, yakni akar, batang, daun, serta bunga. Marilah kita tekuni organ-organ yang dipunyai tumbuhan satu persatu.

a. Akar
Akar adalah organ utama tumbuhan. Tidak hanya berperan sebagai alat menempel tumbuhan ditempat hidupnya, akar adalah organ untuk penyerapan air serta mineral dari tanah. Pada sebagian type tumbuhan, akar juga memiliki manfaat lain, umpamanya sebagai alat untuk pertukaran hawa seperti pada beringin ; sebagai area untuk menyimpan cadangan makanan seperti pada singkong, wortel, serta lobak.

b. Batang
Batang terbentuk dari jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan korteks, jaringan xilem serta jaringan floem. Manfaat batang yaitu mengangkut air serta unsur hara dari akar ke daun. Batang juga berperan mengangkut makanan hasil fotosintesis dari daun serta mengedarkannya ke semua badan tumbuhan. Pada sebagian tumbuhan, batang juga berperan sebagai area untuk menyimpan cadangan makanan. Pernafasan pada tumbuhan berlangsung juga pada batang. Di batang, oksigen masuk ke batang lewat lentisel, lalu mengedar dengan cara difusi lewat ruangan antar sel serta berdifusi ke beberapa sel yang lain. Bekas pernafasan, yakni karbondioksida di keluarkan lewat lentisel. Keluar masuknya hawa pernafasan ini berlangsung dengan cara difusi. Kambium cuma dipunyai oleh tumbuhan dikotil (berkeping dua) serta tumbuhan grup gymnospermae (berbiji terbuka). Kambium mengakibatkan tumbuhan bisa jadi besar batangnya.

c. Daun
daun adalah tempat terjadinya fotosintesis. Fotosintesis berlangsung di palisade ataupun spons (bunga karang). Fotosintesis semakin banyak di daun. Hal semacam ini bisa saja lantaran pada daun ada klorofil yang dapat menyerap daya dari cahaya matahari. Seperti pada akar serta batang, pada sebagian tumbuhan, daun bertindak tidak cuma sebagai tempat fotosintesis, tetapi kadang waktu juga untuk manfaat lain. Umpamanya, sebagai alat perkembangbiakan seperti pada cocor bebek, sebagai tempat cadangan air serta makanan seperti pada lidah buaya.

d. Bunga
bunga adalah organ utama untuk tumbuhan. Pada bunga, ada sisi penghasil serbuk sari serta akan biji. Penghasil serbuk sari yaitu benang sari, sedang akan biji ada pada putik. Alat reproduksi jantan pada tumbuhan berbentuk benang sari. Bila anda sudah lakukan penilaian, anda bakal temukan kalau pada ujung benang sari ada satu sisi yang membuahkan serbuk. Serbuk berikut yang dimaksud serbuk sari. Bila serbuk sari jatuh di kepala putik, serbuk sari bakal keluarkan sel sperma.

Alat reproduksi betina pada tumbuhan dihasilkan di bagian yang dimaksud putik. Biasanya, pada basic putik ada akan buah. Serbuk sari yang jatuh di kepala putik tumbuhan yang sesuai sama bakal berkembang hingga bakal membuahkan sel sperma. Sel sperma berikut yang setelah itu bakal membuahi sel telur yang tersimpan didalam akan biji.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Struktur Tumbuhan