Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Sistem Organisasi Kehidupan

Sistem Organisasi Kehidupan - Organisme yang ada dipermukaan bumi ini begitu bermacam di mulai dari yang paling simpel yakni yang terbagi dalam satu sel hingga yang komplek yakni terbagi dalam banyak sel. Organisme yang terbagi dalam satu sel dimaksud uniseluler, misalnya : Bakteri, Amoeba, Paramaecium, serta Euglene. Tengah organisme yang terbagi dalam banyak sel dimaksud multiseluler, contoh organisme yang bisa diliat dengan mata telanjang.


Sistem Organisasi Kehidupan


1. Sel
Sel yaitu unit paling kecil dari makhluk hidup. Ukuran begitu kecil untuk lihat mesti dibantu dengan mikroskop. Sel pertama kalinya diketemukan oleh Robert Hooke pada th. 1665 serta mengatakan sel itu seperti kotak sarang lebah atau sel penjara. Didalam sel ada tiga sisi paling utama yakni : 
  1. Membran sel atau selaput sel  Adalah selaput yang membungkus semua isi sel. Berperan untuk lakukan pertukaran zat dalam sel. Zat itu diantaranya oksigen, zat makanan serta bekas metabolisme. Dinding sel cuma ada pada tumbuhan tersusun atas selulosa. 
  2. Inti Sel atau nukleus Adalah sisi terutama yang mengatur semua aktivitas sel. Umumnya bentuk inti sel bulat serta di dalamnya ada kromosom yang disebut benang-benang pembawa karakter keturunan. 
  3. Sitoplasma Adalah cairan yang isi semua sisi sel. Didalam sitoplasma terlarut zat makanan serta beberapa zat yang lain. Diluar itu ada benda–benda spesial yang dimaksud dengan organel sel serta rongga sel (vakuola).
2. Jaringan
Dalam organisme bersel satu terang cuma ada satu sel saja. Namun organisme yang bersel banyak pada badan bakal ada himpunan sel–sel. Himpunan sel–sel itu terbagi dalam beragam jenis bentuk yang memiliki manfaat yang tidak sama. Himpunan sel atau sekumpulan sel yang memiliki bentuk serta manfaat yang sama dimaksud jaringan. Macam–macam jaringan, yakni :

a. jaringan pada tumbuhan :
  • jaringan epidermis
  • jaringan meristem
  • Jaringan penyokong. Adalah sel sel dinding yang alami penebalan hingga jadi keras. Contoh pada kulit biji. 
  • Jaringan parenkim. Adalah jaringan basic yang ada diantara jaringan–jaringan yang lain. Berperan sebagai tempat menaruh makanan. Jaringan perenkim pada daun mengandung kloroplas untuk fotosintesis serta dibedakan jadi dua yakni jaringan spons serta jaringan pagar.
b. Jaringan pada hewan serta manusia
  1. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan badan atau organ baik permukaan dalam ataupun permukaan luar. Bentuk jaringan ini pipih, kubus, serta silinder. 
  2. Jaringan otot adalah jaringan yang tersusun atas beberapa sel otot serta berbentuk lentur. Ada tiga (3) jenis jaringan otot, yakni : a) Otot polos ada pada dinding alat–alat dalam. b) Otot lurik ada pada rangka. c) Otot jantung ada pada dinding jantung. 
  3. Jaringan syaraf adalah jaringan yang tersusun atas sel–sel syaraf. Tiap-tiap sel syaraf terbagi dalam tubuh sel serta serabut syaraf. 
  4. Jaringan ikat adalah jaringan yang menghubungkan sisi badan dengan sisi badan yang lain. 
  5. Jaringan penyokong atau penunjang adalah jaringan yang terbagi dalam jaringan tulang riskan serta jaringan tulang. Jaringan penyokong berperan untuk berikan bentuk badan, membuat perlindungan badan serta memperkuat badan.
c. Organ
Organ yaitu himpunan dari sebagian jaringan untuk melakukan manfaat spesifik.
d. System Organ .
Didalam badan, organ–organ bakal bekerja bersama satu dengan yang lain. jikaTidak ada hubungan kerja dengan organ lain, sistem dalam badan tidak bakal berlangsung. Contoh jantung berperan untuk mengedarkan darah, tidak bisa berkerja tidak ada organ lain seperti pembuluh darah. Demikian halnya demikian sebaliknya pembuluh tidak bisa berkerja tidak ada jantung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sistem Organisasi Kehidupan