Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Peka Terhadap Rangsangan ( Iritabilitas )

Peka Terhadap Rangsangan ( Iritabilitas ) - Cobalah anda cermati tanaman yang ditempatkan didalam ruang. Ke arah manakah batang tanaman itu tumbuh? Sudah pasti tanaman itu bakal menghadap ke sinar yang menyinari ruangan itu. Hal semacam itu membuktikan tanaman peka pada rangsang sinar. akan tetapi bukan tanaman saja yang peka terhadap rangsangan , namun manusia dan hewan juga sama , tetapi bagaimanakah cara manusia dan hewan bisa merasakan rangsangan di sekitarnya.

Peka Terhadap Rangsangan ( Iritabilitas )


Tahukah anda bahwa Hewan serta manusia memiliki indera. Lewat indera itulah hewan serta manusia tahu rangsangan dari lingkungannya. Namun apa sajakah indera pada manusia ? Manusia memiliki 5 indera pokok, yakni mata yang sensitif pada rangsangan sinar, telinga sensitif pada rangsangan nada, hidung sensitif pada rangsang bau, lidah sensitif pada rangsangan rasa, serta kulit yang sensitif pada rangsangan sentuhan, desakan, panas, dingin, serta rasa sakit.

sesungguhnya tiap-tiap makhluk hidup memiliki kekuatan yang berbeda dalam menyikapi rangsang. Kepekaan pada rangsang memperlihatkan kalau didalam badan makhluk hidup berlangsung sistem penyusunan.

contoh lain dari tumbuhan yang dapat kita lihat , bahwa memang benar kalau tumbuhan memiliki rangsangan , yaitu pada daun putri malu. coba anda sentuh daunnya , pasti daun tersebut bakal langsung menutup diri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peka Terhadap Rangsangan ( Iritabilitas )