Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Bernafas Ciri Makhluk Hidup

Bernafas Ciri Makhluk Hidup - Bernafas adalah satu diantara tanda-tanda makhluk hidup. Setiap waktu makhluk hidup senantiasa bernapas. Bernapas yaitu sistem pengambilan oksigen dari hawa bebas dan melepas karbon dioksida serta uap air. Oksigen dipakai untuk pembakaran zat makanan yang dimaksud sistem oksidasi biologis. Sistem oksidasi membuahkan daya yang dipakai untuk beragam kesibukan. Sedang bekas oksidasi berbentuk karbon dioksida serta uap air di keluarkan berbarengan hawa yang dihembuskan saat bernapas.

Anda bisa rasakan keperluan bernapas lewat cara menahan untuk tidak hirup udara sepanjang sebagian waktu. Pastinya anda tidak bisa bertahan lama untuk tidak bernapas. Anda juga bisa membuktikannya pada hewan , kalau hewan senantiasa memerlukan udara untuk bernapas. lewat cara memasukkan hewan kecil kedalam wadah yang kedap udara. Sesudah dibiarkan sebagian waktu, jadi hewan itu bakal mati lantaran kehabisan oksigen.

Bernafas Ciri Makhluk Hidup


Bukan hanya manusia dan hewan yang memerlukan oksigen , tetapi tumbuhan juga. Agar bisa bertahan hidup, tumbuhan harus juga bernapas. Tetapi tidak sama dengan manusia dan hewan yang memiliki alat pernapasan khusus . karena Tumbuhan mengambil oksigen dari udara bebas lewat stomata serta lentisel. Stomata atau mulut daun adalah lubang-lubang kecil di permukaan bawah daun, sedang lentisel adalah lubang-lubang pada batang bergabus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bernafas Ciri Makhluk Hidup