Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Definisi atau Pengertian Perkecambahan

Definisi atau Pengertian Perkecambahan - Perkecambahan Perkecambahan adaiah tumbuhnya embrio dalam biji secara perlahan menjadi tumbuhan dewasa. Perkecambahan dipengaruhi oleh faktor eksternal (kadar air, suhu, oksigen, dan cahaya) dan faktor internal (hormon, kematangan embrio, dan sifat dormansi biji). Urutan proses perkecambahan sebagai berikut.


a. imbibisi, merupakan masuknya air ke dalam biji. 

b.Aktifnya enzim-enzim untuk proses metabolisme cadangan makanan .Enzim ini berfungsi membongkar cadangan makanan dalam katiledon/endosperm Hasil  pembongkaran berupa sumber energi sebagai bahan penyusun komponen sel dan pertumbuhan embrio. 

c. Embrio tumbuh dan berkembang.
Biji dikotil biasanya memiliki bagian-bagian sebagai berikut. 

a. Kotiledon, merupakan cadangan makanan yang terbentuk dari endosperm. Kotiledon ini berjumlah sepasang dan berguna untuk memberikan nutrisi pada embrio. 

b. Epikotil, merupakan bagian yang berada di atas kotiledon. 
Definisi atau Pengertian Perkecambahan

c. Plumula, merupakan bagian yang akan tumbuh menjadi batang. Plumula merupakan pucuk dengan sepasang daun. Hipokotil, bagian yang berada di bawah kotiledon. 

e. Radikula, merupakan bagian yang akan tumbuh menjadi akar. 

Perkecambahan dapat dibedakan menjadi beberapa hal .

a. Skutelum, yaitu kotiledon yang hnp berjumiah satu saja. 

b. Plumula, merupakan bagian tumbuh menjadi batang. 

c. Koleoptii, yaitu selubung yang melindur ujung embrio. Radikula, merupakan bagian yang akr tumbuh menjadi akar. 

e. Koleoriza, yaitu selubung yang melindungi celubung akar. Berdasarkan letak kotiledonnya, perkecambahan dapat dibedakan menjadi sebagai berikut.

a. Perkecambahan tipe epigeal Perkecambahan tipe epigeal adalah perkecambahan yang ditandai dengan posisi kotiledon berada di atas permukaan tanah, Pekecambahan ini biasanya terjadi pacia tanaman dikotil. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Definisi atau Pengertian Perkecambahan