Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Macam-Macam Tulang

Macam-Macam Tulang  - Tiap-tiap manusia terbagi dalam kerangka yang terbagi dalam beragam tulang. Tulang-tulang ini berikan bentuk pada badan Anda, berikan kekuatan untuk bergerak dan membuat perlindungan organ sisi dalam. Tulang bisa dibedakan atas sebagian jenis, baik berdasar pada macamnya ataupun berdasar pada memiliki bentuk. Berdasar pada macamnya, tulang bisa dibedakan jadi 2 type, yakni :

Macam-Macam Tulang


1. Tulang Keras
Tulang adalah jaringan pengikat yang tersusun oleh sel tulang (osteoblas) yang membuahkan matriks yang memiliki kandungan endapan zat kapur, hingga matriksnya jadi lebih keras di banding dengan tulang riskan. Berdasar pada matriksnya, tulang keras bisa dibedakan jadi 2 jenis, yakni tulang kompak serta tulang spons. 

a. Tulang kompak 
Matriks tersusun rapat serta padat, memiliki kandungan senyawa kapur serta fosfat. Pada tulang ini beberapa sel tulang tersusun membuat satu system yang dimaksud system Havers. Dibagian tengah tulang ada saluran yang diisi pembuluh darah, pembuluh limfe, serta saraf, serta di sekitar saluran ada susunan sel tulang yang tersusun konsentris. Contoh : tulang pipa. 

b. Tulang spons 
Matriks berongga tersusun atas anyaman trabeculae (sejenis pecahan genting) yang pipih serta memiliki kandungan serabut kolagen. Ronggarongga yang ada pada tulang spons di isi oleh jaringan.

2. Tulang Kartilago
Sel tulang riskan dimaksud kondrosit, yang dibuat oleh kondroblas. 

Kartilago bisa dibedakan jadi 3, yakni :
  • Kartilago hialin : matriks transparan, serabut kolagen, berbentuk lentur. Contoh : pada permukaan persendian, laring, trakea, bronki, rangka janin, ujung tulang rusuk. 
  • Kartilago elastis : matriks kekuningan, serabut elastis kuning berbentuk elastis. Contoh : pada daun telinga membran niktitans, saluran eustachius, epiglotis serta faring. 
  • Kartilago fibrosa : matriks keruh serta gelap, serabut kolagen putih berbentuk kokoh serta kuat. Contoh : pada tempat pertautan tendon atau ligamentum pada tulang dekat permukaan persendian, tulang diantara tulang kemaluan, serta diantara tulang belakang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-Macam Tulang