Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan

Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan  - Tumbuhan juga bergerak, walau begitu terbatas di bagian badan spesifik. Tumbuhan tak mempunyai alat gerak serta system saraf yang khusus hingga tumbuhan lakukan gerak hanya menyikapi rangsangan dari lingkungan di sekelilingnya. Rangsangan itu bisa berbentuk sentuhan, sinar, suhu, air, kelembapan atau beberapa zat kimia.

Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan


1. Gerak esionom
Gerak esionom yaitu gerak tumbuhan lantaran ada rangsangan dari luar. Rangsangannya bisa berbentuk sinar, zat kimia, medan listrik, gravitasi bumi, atau air. Berdasar pada jalinan pada arah tanggapan gerakan dengan asal rangsangan, gerak esionom bisa dibedakan jadi tropisme, taksis, serta nasti.

A. Gerak Tropisme
Tropisme adalah gerak tumbuhan atau sisi dari tumbuhan yang arah gerakannya di pengaruhi arah datangnya rangsangan. Bila gerakannya menuju ke arah rangsangan, dimaksud tropisme positif. Bila gerakannya menjauhi arah rangsangan dimaksud tropisme negatif.

1. Gerak Fototropisme 
Fototropisme yaitu gerak tropisme akibat rangsangan sinar. Gerak tropisme bisa dibuktikan dengan menempatkan pot yang diisi tanaman (kacang hijau, umpamanya) ditempat yang cuma peroleh sinar matahari. Tumbuhan bakal tumbuh ke arah datangnya sinar matahari. 

2. Gerak Geotropisme 
Geotropisme yaitu gerak sisi tumbuhan lantaran dampak style gravitasi bumi. Umpamanya, gerakan akar didalam tanah yang menuju ke pusat bumi. 

3. Gerak Hidrotropisme 
Hidrotropisme adalah gerak sisi badan tumbuhan yang dikarenakan rangsang berbentuk air. Gerakan ini begitu terlihat pada akar. Pada intinya, akar bakal bergerak ke bawah mendekati pusat gravitasi bumi. Walau demikian, banyak ujung akar yang bergerak mendatar atau ke arah tempat yang cukup air. 

4. Gerak Kemotropisme 
Kemotropisme adalah gerak sisi tumbuhan lantaran ada rangsangan zat kimia. Misalnya, gerak akar mendekati tempat yang kaya zat hara spesifik. 

5. Gerak Tigmotropisme 
Tigmotropisme adalah gerak sisi tumbuhan yang dikarenakan ada dampak rangsang berbentuk persinggungan atau sentuhan satu segi. 

2. Gerak Taksis
Taksis adalah gerak berpindahnya sisi badan maupun semua badan tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang, yang arah perpindahannya di pengaruhi oleh rangsangan. Bila arah gerakannya menuju rangsang dimaksud taksis positif. Demikian sebaliknya, bila menjauhi rangsang dimaksud taksis negatif. Berdasar pada type rangsangnya, taksis bisa dibedakan jadi fototaksis serta kemotaksis. Dimaksud fototaksis bila rangsang penyebabnya gerakan yaitu sinar. Gerakan ini umumnya berlangsung pada organisme tingkat rendah. Umpamanya, pada Spirogyra atau tumbuhan ganggang bersel satu Euglena yang keduanya sama sensitif pada rangsang sinar bergerak mendekati arah yang jelas. Demikian sebaliknya, bila rangsang penyebabnya gerakan berbentuk zat kimia dimaksud kemotaksis. Misalnya, gerak pada sel kelamin jantan mendekati sel telur.

3. Gerak Nasti
Gerak nasti adalah gerak tutup atau membukanya sisi dari tumbuhan lantaran ada rangsang yang arahnya tak di pengaruhi oleh arah datangnya rangsangan, namun ditetapkan oleh tumbuhan tersebut.
Daun tumbuhan putri malu (Mimosa pudica) bakal selekasnya tutup bila disentuh. Gerakan ini dimaksud tigmonasti atau seismonasti. Gerakan membukanya daun tumbuhan putri malu saat pagi hari di pengaruhi oleh sinar matahari yang diterimanya. Walau demikian, gerakannya tak menuju ke arah datangnya sinar matahari. Gerakan ini dimaksud fotonasti. Gerakan mengatupnya daun ketika mendekati senja dimaksud niktinasti atau dimaksud juga gerak tidur. Gerak nasti bisa berlangsung akibat rangsang suhu, seperti pada bunga tulip. Bunga ini bakal mekar bila suhu jadi hangat serta tutup kembali bila suhunya alami penurunan. Gerakan ini dikatakan sebagai termonasti. Rangsang lain berbentuk sentuhan serangga dapat juga memengaruhi gerakan pada semacam tumbuhan perangkap. Bila ada serangga yang menyentuh sisi dari daun jadi daun bakal selekasnya tutup. Gerakan ini diberi nama haptonasti. Umpamanya pada tumbuhan kantong semar. Gerak nasti dapat juga dikarenakan oleh sebagian aspek sekalian, seperti pH, suhu, kandungan kalsium, serta karbon dioksida hingga nasti kompleks. Misalnya, gerak buka serta menutupnya stomata pada daun.

4. Gerak otonom/endonom
Gerak otonom atau endonom yaitu gerakan tumbuhan yang dikarenakan oleh rangsangan yang disangka datang dari pada badan tumbuhan tersebut. Gerak ini kerap dikatakan sebagai gerak spontan.

Tumbuhan lakukan gerakan ini tidak ada dampak rangsangan dari luar. Gerak endonom yang paling umum yaitu nutasi, yakni gerak ujung batang yang tengah tumbuh atau organ lain, seperti daun, stolon, tangkai bunga, serta akar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-Macam Gerak pada Tumbuhan