Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Kingdom Animalia

Kingdom Animalia - Kingdom animaliaadalah organisme eukariota multiseluler. Beberapa besar animalia memperlihatkan diferensiasi jaringan yang kompleks serta memiliki sistim saraf untuk mengkoordinasikan gerak badan untuk peka terhadap lingkungannya. hewan mencari makanan dengan heterotrof.

Kingdom Animalia


Klasifikasi Kingdom Animalia

Filum Porifera .
porifera yaitu hewan dengan susunan yang begitu simpel. poriferaadalah satu hewan yang kehilangan sistim saraf. Contoh : Leucosolenia sp.

Filum Coelenterata
Segala hewan berongga yaitu hewan air, umumnya air laut. Badannya simetri radial, diliat dengan cara penampang melintang. nama Coelenterata bermakna berongga usus. Coelenterata memiliki kantong, seperti rongga badan, saluran pencernaan atau usus (enteron), dengan satu lubang terbuka untuk keluar masuknya makanan.

Filum Platyhelminthes
Sesuai dengan namanya, platyhelminthes berupa pipih, tak bersegmen. Beberapa besar anggotanya memiliki mulut serta saluran pencernaan yang buntu, tidak beranus. platyhelminthes memiliki sel api dibagian mesoderm yang berperan untuk ekskresi serta osmoregulasi. beberapa besar platyhelminthes hermafrodit dengan system reproduksi yang kompleks hingga meminimalisir peluang fertilisasi sendiri. filum ini beberapa besar beranggotakan hewan-hewan parasit yang utama. Sebagian kelas anggota filum Platyhelminthes adalah kelas Turbellaria, kelas Trematoda, serta kelas Cestoda.

Filum Nematoda .
Nematoda memiliki badan yang kecil, penampang melintangnya berupa bulat, serta meruncing di ke-2 ujungnya.  nematoda adalah cacing yg tidak bersegmen (beruas). Badannya diliputi oleh susunan kutikula yang tidak tebal serta elastis berbahan kutikula. badannya mengandung saluran pencernaan tidak bercabang dengan mulut serta anus. Nematoda berkembangbiak dengan cara seksual, dengan alat kelamin yang terpisah pada individu yang tidak sama. beberapa besar nematoda hidup bebas di laut, air tawar, serta di darat namun sebagian yang lain hidup sebagai parasit pada hewan serta tumbuhan. Contoh : Ascaris sp.

Filum Anelida
Anelida yaitu cacing-cacing, seperti hewan dengan segmen metameri yang bersekat. Segmen tampak terang dari luar, seperti cincin. Mengenai dibagian pada badan, segmen dipisahkan oleh septa (sekat).
Permukaan badan sisi luar dilindungi oleh kutikula dari protein yang tidak tebal serta elastis. Ekskresi serta osmoregulasi dikerjakan oleh setiap segmen yang ditata oleh tubula (saluran) bersilia yang dimaksud nefridia. system saraf pusat berbentuk ganglia oesofagus anterior yang terkait dengan serabut saraf ventral serta saraf segmen. Sebagian kelas dari filum Anelida, diantaranya kelas Polychaeta, kelas Oligochaeta, serta kelas Hirudinae.

Filum molusca
Moluska yaitu hewan yang begitu beraneka serta berhasil bertahan hidup semua habitat. Moluska adalah hewan paling besar ke-2 dalam jumlah spesies. Moluska juga beranggotakan fosil yang begitu tua. moluska adalah hewan lunak dengan sedikit atau tanpa ada segmentasi. Badannya terdiri jadi kepala, kaki otot, serta himpunan organ dalam atau bonggol. Sebagian hewan memiliki mantel yang melingkupi organ dalam atau bonggol.

Filum Arthropoda .
Arthropoda adalah grup hewan-hewan dengan jumlah yang begitu besar. Badan serangga bersegmen serta permukaannya dilindungi oleh eksoskeleton atau rangka luar dari zat kitin. eksoskeleton dengan cara berkala terkelupas atau alami ekdisis (moulting) sepanjang pertumbuhannya. Arthropoda juga memiliki kaki beruas (bersendi) sejumlah sepasang setiap segmen. arthropoda memiliki system aliran terbuka. Grup makhluk hidup yang besar ini terdiri jadi sebagian kelas. Misalnya udang, lipan, laba-laba, kutu, serta belalang.

Filum Echinodermata
Echinodermata yaitu organisme yang hidup di basic laut. Filum ini mencakup bintang laut, landak laut, serta teripang. hewan yang telah dewasa memiliki simetri radial, namun larvanya bersimetri bilateral.  mulut ada di permukaan bawah serta anus di permukaan atas. Hewan ini memiliki system pembuluh air serta kaki untuk bergerak serta menghimpun makanan. Misalnya Asterias sp. (bintang laut).

Filum Chordata
Chordata yaitu hewan yang tunjukkan ciri spesial dalam perubahannya. Tanda-tanda spesial itu seperti berikut.

  • Serabut saraf dorsal (punggung) yang terdapat di rongga. 

  • Berbuntut. 

  • Satu set insang di kerongkongan, di kenal sebagai celah viscera atau faringeal. 

  • System aliran darah yang membawa darah mengalir ke badan sisi dorsal serta ventral. 
Sebagian kelas dari filum chordata, yakni kelas Aves, Amfibi, Pisces, Reptilia, serta Mamalia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kingdom Animalia