Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Hama dan Penyakit pada Tumbuhan

Hama dan Penyakit pada Tumbuhan - hama serta penyakit pada tumbuhan bisa dihadapi oleh beragam system organ pada tumbuhan. Masalah ini bisa dikarenakan kelainan genetis, keadaan lingkungan yang tidak cocok, atau lantaran serangan hama serta penyakit. Masalah hama serta penyakit dalam taraf besar pada tanaman budidaya bisa mengganggu persediaan bahan pangan untuk manusia.

Hama dan Penyakit pada Tumbuhan


Hama Tanaman
Hama yaitu binatang yang mengganggu serta merugikan tanaman yang dibudidayakan manusia. Hewannya digolongkan kedalam sebagian kelompok, yakni seperti berikut.
  • Mamalia, umpamanya musang, tupai, tikus, serta babi rimba. 
  • Aves, umpamanya burung serta ayam. 
  • Serangga, umpamanya belalang, wereng, ulat serta kumbang. 
  • Molusca, umpamanya siput serta bekicot. 
  • Ulat sebagai Hama
Penyakit pada Tanaman
Tanaman disebutkan sakit jika ada pergantian atau masalah pada organ-organ tanaman. Tanaman yang sakit mengakibatkan perkembangan serta perubahannya tak normal. Penyakit tanaman dikarenakan oleh mikroorganisme umpamanya jamur, virus, serta bakteri. Diluar itu penyakit tanaman bisa karena sebab kekurangan satu diantara atau sebagian type unsur hara.

Sebagian contoh penyakit yang menyerang tumbuhan yaitu seperti berikut : 

Penyakit layu cabai. Penyakit ini dikarenakan oleh bakteri. Cabai yang terserang penyakit ini memiliki tanda-tanda daun muda layu diikuti dengan menguningnya daun-daun tua.
Penyakit hawar daun kentang. Dikarenakan oleh jamur, gejalanya pada bebrapa pinggir daun diketemukan bercak-bercak terlebih pada suhu rendah, kelembaban tinggi, serta curah hujan tinggi.
Penyakit busuk daun bawang merah. Dikarenakan oleh jamur, gejalanya di dekat ujung daun muncul bercak hijau pucat, di permukaan daun berkembang jamur berwarna putih ungu, daun menguning, layu, serta jadi kering. Daun yang sudah mati bakal berwarna putih serta terdapat banyak jamur hitam.
Penyakit tungro pada tanaman padi. Penyakit ini mengakibatkan padi tumbuh kerdil serta tak normal. Dikarenakan oleh virus tungro dengan perantaraan wereng.
Penyakit mosaik, banyak menyerang tanaman tembakau yang dikarenakan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus). 

Tanaman yang terserang penyakit lantaran kekurangan unsur hara bisa dihindari serta ditanggulangi dengan lakukan pemupukan yang pas. Sedang penyakit lantaran mikroorganisme bisa ditanggulangi dengan memberi pesitisida, umpamanya bakterisida (memberantas bakteri parasit) serta fungisida (memberantas jamur parasit). Terkecuali pestisida buatan, saat ini sudah banyak di buat pestisida alami yang lebih aman pada lingkungan. Misalnya jamur bisa diberantas dengan bubur bordeaux yakni kombinasi yang memiliki kandungan kalsium karbonat serta senyawa tembaga

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hama dan Penyakit pada Tumbuhan