Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Gangguan pada Sistem Pernapasan

Gangguan pada Sistem Pernapasan  - System pernafasan manusia yang terdiri atas sebagian organ bisa alami masalah. Masalah ini umumnya berbentuk kelainan atau penyakit. Penyakit atau kelainan yang menyerang system pernafasan ini bisa mengakibatkan terganggunya sistem pernafasan. Tersebut disini sebagian contoh masalah pada sistem pernafasan manusia.

Gangguan pada Sistem Pernapasan


1. Faringitis
Faringitis yaitu radang pada faring lantaran infeksi hingga muncul rasa nyeri pada saat menelan makanan maupun kerongkongan merasa kering. Masalah ini dikarenakan oleh infeksi bakteri atau virus. Bakteri yang umum menyerang penyakit ini yaitu Streptococcus pharyngitis. Peradangan dapat juga berlangsung lantaran sangat banyak merokok, ditandai dengan rasa sakit waktu menelan serta rasa kering di kerongkongan.

2. Asma, 
asma adalah kelainan penyumbatan saluran pernafasan yang dikarenakan oleh alergi, seperti debu, bulu, maupun rambut. Kelainan ini bisa di turunkan. Kelainan ini dapat juga kambuh bila suhu lingkungan cukup rendah atau kondisi dingin.

3. Influenza (Flu)
Penyakit influenza dikarenakan oleh virus influenza. Tanda-tanda yang diakibatkan diantaranya pilek, hidung terhalang, bersin-bersin, serta tenggorokan merasa gatal. Influenza adalah satu penyakit infeksi akut saluran pernapasan terlebih ditandai oleh demam, gigil, sakit otot, sakit kepala serta kerap dibarengi pilek, sakit tenggorok serta batuk yg tidak berdahak. Lama sakit berjalan pada 2-7 hari serta umumnya pulih sendiri.

Penyakit ini adalah penyakit yang seringkali menyerang system pernafasan pada manusia di semua dunia. Flu disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae. Tanda-tanda umum flu yaitu tubuh menggigil, deman, mata berair, hidung terhalang kepala berat, dibarengi batuk, serta nyeri di bagian-bagian badan.

4. Tuberkulosis (TBC), 
tuberkulosis adalah penyakit paru-paru yang dikarenakan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri itu menyebabkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Bila penyakit ini menyerang serta dilewatkan makin luas, bisa mengakibatkan beberapa sel paru-paru mati. Mengakibatkan paru-paru bakal kuncup atau mengecil. Hal itu mengakibatkan beberapa pasien TBC napasnya kerap terengah-engah.

5. Bronkhitis, 
bronkhitis adalah masalah pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya yaitu pasien alami demam serta membuahkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Mengakibatkan pasien alami sesak napas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gangguan pada Sistem Pernapasan