Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

Gangguan pada Sistem Peredaran Darah  - Ada banyak masalah atau penyakit pada sistem peredaran darah. Masalah ini dapat berlangsung pada darah, jantung, pembuluh darah, atau desakan darah.

Gangguan pada Sistem Peredaran Darah


Masalah yang Terkait dengan Darah

a. Anemia
Anemia yaitu kondisi badan yang kekurangan hemoglobin. Kandungan Hb normal yaitu 12 –16 persen dari sel darah merah. Jumlah sel darah merah normal 5 juta/mm3. Pada pasien anemia, kandungan Hb kurang dari normal.

b. Leukemia
Leukemia yaitu perkembangan beberapa sel darah putih yg tidak normal. Jaringan yang semestinya membuat sel darah merah malah membuat beberapa sel darah putih. Mengakibatkan, jumlah sel darah putih melebihi normal sedang jumlah sel darah merah alami penurunan. Leukemia dimaksud juga kanker darah. Banyak sel darah putih ini, mengakibatkan sel darah putih jadi “ganas’’. Sel darah putih ini bisa mengonsumsi beberapa sel darah merah hingga pasien bisa alami anemia akut.

c. Thalasemia
Penyakit keturunan dimana badan tak dapat menghasilkan hemoglobin serta sel darah merah. Mengakibatkan pasien alami anemia.

d. AIDS
Penyakit AIDS dikarenakan oleh virus HIV,yang menyerang sel darah putih manusia. apabila seseorang mengidap penyakit AIDS, sel darah putihnya lebih cepat mati serta tak bekerja. Hal itu berlangsung lantaran penyakit AIDS adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan badan. Bila terserang infeksi atau satu penyakit walaupun enteng, system kekebalan badan tetap tidak akan tidak bekerja. Pada akhirnya pasien bisa alami kematian.


Masalah yang Terkait dengan Jantung serta Pembuluh Darah

a. Penyakit Jantung
Masalah jantung adalah masalah kerja jantung dalam memompa darah. Pemicunya, diantaranya keunggulan cholesterol. Cholesterol yang terlalu berlebih bakal menyumbat pembuluh nadi hingga menghalangi aliran darah. Penyebabnya lain yaitu kegemukan (obesitas). Badan orang gemuk mempunyai banyak lemak serta darahnya banyak terkandung cholesterol hingga riskan penyumbatan pembuluh darah. Oleh karenanya, kerja jantung jadi lebih berat dalam memompa darah. Pada masalah tidak berhasil jantung berlangsung penurunan kerja atau kontraksi jantung. Mengakibatkan, volume darah dalam jaringan badan kurang lantaran jantung tak dapat memompa darah dalam jumlah yang harusnya. Tanda-tanda umum orang yang berpenyakit jantung yaitu nyeri dibagian dada, sesak, serta cepat capek.

b. Darah Tinggi
Tanda-tanda penyakit ini yaitu darah diatas normal. Jantung pasien bekerja lebih keras bahkan juga bisa memecahkan pembuluh darah. Pemicunya belum di ketahui dengan tentu, tetapi disangka terkait dengan keunggulan cholesterol yang menyebabkan penyempitan pembuluh nadi. Penyebabnya lain yaitu aspek keturunan, stres, umur, kebiasan merokok, serta minuman mengandung alkohol.

c. Varises
Tanda-tanda varises berbentuk pembuluh balik yang melebar atau berkelok-kelok terlebih pada kaki. Pemicunya yaitu kaki sangat berat menahan beban umpamanya lantaran hamil atau sangat lama berdiri. Varises yang berlangsung di daerah anus diberi nama ambeien.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gangguan pada Sistem Peredaran Darah