Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Pengertian Fosil Menurut Para Ahli

Pengertian Fosil Menurut Para Ahli - Fosil merupakan sisa-sisa dari hewan atau tumbuhan yang telah membatu. Sisa-sisa tersebut dapat berupa tulang, cangkang, gigi, jejak kaki, atau bagian keras lainnya yang dimiliki oleh hewan dan tumbuhan.

Beberapa tokoh yang mempelajari masalah fosil yang berhubungan dengan proses evolusi di antaranya Leonardo da Vinci, George Cuvier, dan Charles Darwin.

a. Leonardo da Vinci (1452-1519) 

Seorang pelukis kenamaan dari Italia ini berpendapat bahwa fosil merupakan suatu bukti adanya makhluk hidup dan kehidupan di masa lalu.

b. George Cuvier (1764-1832) 

Cuvier berpendapat bahwa pada masa tertentu telah diciptakan makhluk hidup yang berbeda dari masa ke masa lainnya. Makhluk hidup dapat diciptakan khusus pada setiap zaman dan pada setiap zaman tersebut diakhiri dengan kehancuran alam. Setiap lapisan bumi akan dihuni oleh makhluk hidup yang berbeda dengan makhluk hidup pada lapisan bumi sebelumnya.

Pengertian Fosil Menurut Para Ahli
Pengertian Fosil Menurut Para Ahli

c. Charles Darwin 


Darwin berpendapat bahwa makhluk hidup yang terdapat pada lapisan bumi yang tua akan mengadakan perubahan bentuk yang disesuaikan dengan lapisan bumi yang lebih muda. Oleh karena itu, pada lapisan bumi yang lebih muda ditemukan fosil yang berbeda dengan lapisan bumi yang lebih tua. Karena adanya perbedaan iklim, tanah, dan faktor-faktor lain, maka terjadilah perubahan di permukaan bumi secara bertahap yang menyebabkan adanya perubahan pula pada makhluk hidup untuk menyesuaikan diri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Fosil Menurut Para Ahli