Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Penerapan Konsep Gaya Magnet


Penerapan Konsep Gaya Magnet Berputarnya kumparan penghantar berarus listrik di dalam medan magnetik merupakan konsep dasar kerja beberapa alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Adap,un penerapan konsep gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

a. Motor Listrik Salah satu penerapan konsep gaya magnetik pada kumparan penghantar di dalam medan magnetik adalah pada motor listrik. Motor listrik dapat mengubah energi listrik menjadi energi kinetik. Pada motor listrik, kumparan arus yang dapat berputar dengan bebas diletakkan pada sebuah medan magnet. Hal inilah yang dapat menggerakkan motor listrik.

b. Pengeras suara (loudspeaker) Pengeras suara bekerja berdasarkan prinsip bahwa induksi magnetik memberikan gaya pada kawat berarus listrik. Melalui arus bolak-balik dengan frekuensi sinyal audio, corong loudspeaker bergerak maju mundur dengan frekuensi yang sama. Hal ini menyebabkan rapatan dan renggangan pada udara di sekitarnya, sehingga energi bunyi dapat dihasilkan.

c. Alat ukur listrik (galvanometer) Galvanometer merupakan sebuah peralatan yang menggunakan medan magnet untuk mendeteksi besarnya arus yang mengalir. Dalam mengukur kuat arus listrik, galvanometer bekerja berdasarkan prinsip bahwa sebuah kumparan yang dialiri arus listrik dapat berputar ketika diletakkan dalam suatu daerah medan magnet.


d. Detektor logam Detektor logam bekerja berdasarkan konsep gaya magnet, yaitu fluks magnet. Peningkatan fluks magnet biasanya disertai peningkatan tegangan di dalam arus yang mengalir lewat kurnparan penerima yang memicu alarm. Kumparan penerima yang melarik badan seseorang segera menyiagakan bila sejumlall 'ogam dapat terdeteksi,


e. Spektrometer massa Banyak metode yang digunakan untuk mengukur massa suatu atom, tetapi yang paling teliti adalah menggunakan spektrometer massa.Alat ini menggunakan gaya magnetik atom bermuatan (ion) untuk menentukan massa atom dengan ketelitian mencapai 7 angka.

f. Pemilih kecepatan Partikel-partikel bermuatan yang dihasilkan oleh tabung sinar katoda yang dipanaskan


g.tidak bergerak dengan laju yang sama. Kita dapat memilih partikel yang menniliki laju tertentu dengan menggunakan susunan medan listrik dan medan magnetik yang dinamakan pemilih kecepatan. Alat ukur tegangan listrik Tegangan dan potensial listrik dinyatakan dalam satuan volt. Alat ukur beda tegangan atau beda potensial listrik adalah voltmeter. Prinsip kerja alat ini menggunakan konsep gaya magnet.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penerapan Konsep Gaya Magnet