Close Klik 2x

Kumpulan Materi Pendidikan Untuk SMP & SMA

Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh dan Berkembang  - Coba pehatikan badan mu sekarang , apakah sama tingginya , berat , dari kamu lahir hingga sekarang , apakah tetap sama ? pasti tidak ! nah itu berarti kamu mengalami yang namanya tumbuh dan berkembang. namun apakah anda tau arti dari tumbuh dan berkembang tersebut . yuk , kita lihat penjelasannya di bawah ini :

1. Tumbuh yaitu menambahnya ukuran makhluk hidup lantaran ada satu sistem yang diberi nama pemisahan dan pembesaran satu sel. Pertumbuhan dapat juga diukur dan bisa pula dinyatakan dengan cara kuantitatif . pertumbuhan bersifat irreversibel ( tidak dapat kembali ke asal ).

2. Berkembang adalah sistem menuju kedewasaan yang berbentuk kualitatif. Umpamanya telur katak menetas jadi berudu, lantas jadi katak berbuntut, katak muda, serta pada akhirnya berkembang jadi katak dewasa.

Tumbuh dan Berkembang


Ciri - ciri perkembangan :

Terjadinya pergantian dalam segi fisik (pergantian berat tubuh serta organ – organ badan) serta segi psikis (matangnya kekuatan memikirkan, mengingat, serta berkreasi) .

Terjadinya pergantian dalam pembagian ; segi fisik (pembagian badan anak beubah sesuai sama fase perubahannya) serta segi psikis (peru bahan imajinasi dari fantasi ke kenyataan) .

Lenyapnya sinyal – sinyal yang lam ; sinyal - sinyal fisik (lenyapnya kelenjar thymus (kelenjar anak – anak) bersamaan menambahnya umur) segi psikis (lenyapnya gerak – gerik kanak – kanak serta tingkah laku impulsif). 

Diperolehnya sinyal – sinyal yang baru ; sinyal – sinyal fisik (perubahan gigi serta ciri-ciri sex pada umur remaja) sinyal – sinyal psikis (mengembangnya rasa menginginkan tahu mengenai pengetahuan, moral, hubungan dengan lawan type).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tumbuh dan Berkembang